Review http://ilmupengetahuanunik.blogspot.com on alexa.com

Io, Lokasi Paling Vulkanik di Tata Surya Manusia

Io memiliki 425 gunung api di permukannya. Menjadikannya area yang 25 kali lebih vulkanik dari Bumi

Tahukah Anda di mana lokasi paling subur untuk pertumbuhan gunung api? Jawabannya ternyata ada di dalam tata surya kita. Beruntung buat manusia, letaknya bukan di planet Bumi. Melainkan di bulan milik Jupiter, Io.
Para ahli astronomi Amerika Serikat berhasil melakukan pemetaan geologi pertama Io yang disusun selama enam tahun. Dari hasil pemetaan itu, diketahui jika Io memiliki 425 gunung api di permukannya. Menjadikan Io sebagai area yang 25 kali lebih vulkanik dari Bumi. Perlu diingat pula jika Io sebagai salah satu bulan terbesar Jupiter, besarnya tak jauh beda dengan Bulan milik Bumi.
Dilansir dari VOA, Selasa (20/3), diketahui permukaan Io bukan hanya terdiri dari gunung api saja. Tapi juga terdiri atas danau lava, kubah vulkanik, dan dataran. Menurut para peneliti dari Arizona State University, peta berwarna dari Io menunjukkan lokasi aktif dari lahan lava di permukaan. Informasi ini akan sangat berguna untuk bahan penelitian proses terbentuknya Io.
Banyaknya gunung api di Io diperkirakan terjadi karena gaya tarik yang kuat oleh Jupiter. Jupiter -planet terbesar di tata surya kita- diketahui memiliki 66 bulan. Empat bulan terbesarnya disebut bulan Galilea yang terdiri atas Io, Europa, Ganymede, dan Callisto.
Kombinasi dari daya tarik gravitasi kesemua benda langit itu membuat permukaan Io meregang. Menyebabkan suhu panas yang luar biasa di dalamnya dan dilepaskan melalui berdirinya ratusan gunung api. Aktivitas seismik ekstrem ini membuat permukan Io terus menerus berubah. Menjadikan Io satu-satunya objek berbatu tanpa kawah di sistem tata surya kita.

 

0 komentar:

Posting Komentar